Rabu, 16 Maret 2011

perbedaan suku jawa dan suku sunda

Perbedaan antara suku jawa dan suku sunda





Basa basi dulu ya ..
Menurut saya ya
orang jawa itu di katagorikan orang yang pemalu , dari wataknya mereka itu pemalu , kemayu , plin plan , terus lebih percaya sama primbon (hanya sebagian).

lalu fisik orang jawa itu ayu , manis , item manis gitu deh kaya saya hehehe
soalnya saya orang jawa .
terus kalau orang sunda itu , di katagorikan orang yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng . putih-putih euy kaya orang korea gitu . pacar saya juga orang sunda loh hahaha
dari fisik mereka lebih cenderung cantik dan ganteng karna keputihannya . mungkin karena rumahnya di daerah pergunungan yang sejuk . beda dengan jawa yang tinggal nya sangat panas .
lalu dari wataknya orang sunda mereka itu cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (mawas diri), dan pinter (pandai/ cerdas). 





Dari berbahasa mereka orang sunda dan orang jawa .





  • Berbahasa orang jawa 
 Bahasa Jawa memiliki aturan perbedaan kosa kata dan intonasi berdasarkan hubungan antara pembicara dan lawan bicara, yang dikenal dengan unggah-ungguh. Aspek kebahasaan ini memiliki pengaruh sosial yang kuat dalam budaya Jawa. seperti saya kalau berbahasa jawa lebih suka bahasa kasar , soalnya bahasa halus tuh susah ribet .
contohnya ora itu artinya tidak bisa itu bahasa kasarnya ya .. kalau bahasa halusnya itu mboten itu bahasa halusnya .
tapi sebagian besar orang jawa ya suka mencampur antara bahasa indonesia dengan bahasa jawa.. 18% menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia secara campur, dan selebihnya.


  • Berbahasa orang sunda 
orang sunda itu beberapa tingkatan berbahasa, mulai dari bahasa halus, bahasa loma/lancaran, hingga bahasa kasar. banyak masyarakat Sunda terutama yang tinggal di perkotaan tidak lagi menggunakan bahasa tersebut dalam bertutur kata.Seperti yang terjadi di pusat-pusat keramaian kota Bandung dan Bogor dimana banyak masyarakat yang tidak lagi menggunakan bahasa Sunda.beberapa dialek dalam bahasa Sunda, antara lain dialek Sunda-Banten, dialek Sunda-Bogor, dialek Sunda-priyangan, dialek Sunda-Jawa, dan beberapa dialek lainnya yang telah bercampur baur dengan Bahasa Jawa dan Bahasa Melayu. Karena pengaruh budaya Jawa pada masa kekuasaan Kerajaan Mataram islam.


Profesi orang jawa dan orang sunda 


  •  Orang jawa 
orang jawa itu sukanya merantau , jauh dari keluarga dan mencari nafkah di luar tempat ia lahir . mereka lebih suka merantau yang bener-bener jauh dari tempat asalnya seperti di jakarta . makanya kebanyakan orang yang mudik itu orang jawa semua hampir ya sebagian besar .
ke Malaysia , lampung ,sumatra utara, jambi , sumatera selatan  .
  • Orang sunda 
masyarakat Sunda lebih suka berkerja atau mencari nafkah di tempat asalnya atau tempat lahirnya . berprofesi sebagai petani, penambang pasir, dan berladang. Sampai abad ke-19, banyak dari masyarakat Sunda yang berladang secara berpindah-pindah. Di wilayah perkotaan, banyak orang Sunda yang berprofesi sebagai buruh pabrik, pegawai negeri, dan pembantu rumah tangga. Profesi pedagang keliling banyak pula dilakoni oleh masyarakat Sunda, terutama asal tasikmalaya dan garut . Mereka banyak menjual aneka perabotan rumah tangga.


Kerajinan orang jawa dan orang sunda 


  • Jawa
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain.
Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.


  • Sunda
Angklung kesenian khas kabupaten Jawa Barat.Nah waktu saya pulang ke kampung halaman saya di Ciamis di ajak ayah saya untuk mengantarkan sejumlah ujung-ujung bambu ke para pengrajin angklung.
Agak kaget juga mendengarnya lho apa bener di Ciamis ada pengrajin Angklung? Ah ikut aja deh,ternyata yang carter bapak saya itu adalah pemasok bahan baku Angklung.beliau mengaku sudah menjalani profesinya selama 30 tahun.wah sebuah kesetian pada profesi yang harus di apresiasi.
Kata beliau sekarang lebih berfungsi sebagai oleh-oleh dan cinderamata.
Semoga saja Angklung ini dapat mengangkat nama kabupaten Ciamis,dan menjadi sentra industri yang dapat di perhitungkan.

------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber - sumber nya dari








33 komentar:

  1. jadi, setujukah teteh tentang pernikahan jawa-sunda yg banyak ditentang oleh masing-masing sukunya?
    kalo boleh milih, pilih mana, yang satu suku atau beda suku?
    hhe banyak nanya ya?

    salam kenal.
    =)

    BalasHapus
  2. plin plan? percaya primbon? seolah negatif gt ya mbak? terus kenapa di indonesia itu ada sunda, betawi, dll. bukannya mereka hidup di pulau jawa, kenapa ga mau disebut orang jawa? kalau gt mendding di pisah saja mungkin ya nama pulaunya? biar pecah sekalian ni indonesia kalo sudah ada perbedaan2 yg sifatnya negatif seperti yg di bilang mbak nya itu diatas...
    pls comment

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udahlah...saya aja keturunan palembang-sunda-madura-ternate ga masalah... walaupun lahir dan besar di bandung, tapi ga pernah dibilang "kamu orang sunda ya?" tapi, saya jadi ngerasa kalau memang from wherever we are, mau kamu orang mana kek, asal jangan sampai lupa kalo kita bangsa indonesia..yang satu...saling melengkapi..dan tulisan seperti ini kan subjektif, jadi wajar aja...

      Hapus
    2. SUKU SUNDA, BETAWI MEMANG TINGGAL DIPULAU JAWA. TAPI TAHUKAH ANDA BAHWA PULAU JAWA TERLETAK DI PAPARAN SUNDA? SEPERTINYA ANDA SALAH SSEORANG KORBAN PEMBELOKAN SEJARAH. BELAJAR SEJARAH YANG LENGKAP YA MAS JGN SETENGAH2

      Hapus
    3. Saya sedikit beri komentar ya. Pikiran anda terlalu sempit. Hanya sekedar tinggal di pulau jawa, haruskah semua disebut suku jawa? Bagaimana di Sumatera, dan Sulawesi. Mereka masing-2 beda suku walau tinggal di satu pulau.

      Hapus
  3. orang sumatera jadi penonton sajaa...
    pulau jawa paling gampang diadu domba
    hohoho

    BalasHapus
  4. saya orang sunda.. sunda better of java..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yelah bahasa inggris nya aja setengah2..kalo better itu diikuti than bukan of kalo buat perbandingan...tuh kan bener orang jawa kebanyakan lebih pinter dari sunda...wakakak...no offense...loh ya gak ada suku yg lebih baik dari suku lainnya :D

      Hapus
  5. nah...gue sih nggak masalah klo kita beda suku..lagian toh kita di dunia hidup saling berdampingan
    None said that We're Different....Unless You're Racist

    Think Nothing of it

    BalasHapus
  6. Abdi teh urang Jawa....
    sami wungkul urang jawa jeng tiyang sunda
    teu aya bedane
    podho ae lhe

    BalasHapus
  7. Bedanya orang sunda ama jawa sunda tetep teguh dengan pendirian walaupu tinggal di pulau Jawa orang sunda tidak mau disebut orang jawa..karena kalau ke sumatera atau diluar pulau jawa bilangnya orang jawa tapi orang sunda akan bilang saya mah orang sunda...gitu coba deh..!!!

    BalasHapus
  8. Saya orang sunda asli tp ga mau disebut org jawa, meskipun tinggal di bagian barat pulau jawa (pasundan). Dan sy paling tdk suka ketika org jawa menyebut org sunda itu pemalas.! bknny kami ini pemalas tp alam di tanah kami ini sdh menjamin dan memfasilitasi untuk kelangsungan hidup, jd tdk perlu utk bekerja keras atw merantau.

    BalasHapus
  9. Pada hakikatnya orang pemalas atau rajin atau kerja keras itu tergantung masing-masing individu bukan kelompok atupun suku bangsa. Dan masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, yang kita lakukan sekarang adalah bagaimana dari Ratusan suku di indonesia ini dapat bersama-sama bersatu bergotong royong memajukan bangsa Indonesia. Sekedar tambahan, mengapa Suku Sunda berbeda dengan Suku Jawa dalam beberapa hal ada yang berbeda dan perbedaan itu dikarenakan Migrasi bangsa Melayu (Deourto dan Proto Melayu) yang melewati kepulauan Indonesia termasuk Jawa serta Kerjaan tua. Suku Sunda lebih banyak mengadopsi Melayu ketimbang Suku Jawa karena tinggal di bagian Barat pulau jawa dan sebagai tempat singgah bangsa melayu karena iklimnya yang sejuk dan basah. Sehingga dari ciri fisik Orang sunda lebih Putih dari pada Jawa. Melayu itu kan putih asalnya dr Daratan Yunan Cina selatan.

    BalasHapus
  10. Menurt saya.. yg basa basinya kurang benar.. dan yg pengginaan b.jawa 18 persen menurut saya juga salah.. coba mbak lebih lamain lagi karna saya yakin mbak dijawa mungkin baru beberapa tahun.. menurt saya orang jawa itu lebih sering menggunakan b daerah mereka dibandingkan menggunakan b. Indinesia.. terimakasih maaf kalau ada salah kata assalamualaikum wr wb.. :-)

    BalasHapus
  11. Perbedaan dan Persamaan Suku Jawa dan Sunda

    Kali ini saya akan mengulas tentang perbedaan dan persamaan suku Jawa dan Sunda, sebetulnya sudah tahu dari dulu cuma baru sempet sekarang. mari kita mulai saja yok.... Jawa dan Sunda adalah seperti saudara. Ibarat kakak dan adik jadi memiliki sifat yang mirip, sama atau hampir sama. Jawa adalah Kakak, dan Sunda adalah Adik. Jadi hapuskan pemikiran-stigma perkawinan jawa-sunda tak cocok, karena perkawinan sesuku juga bisa memiliki resiko tak cocok. jadi punya peluang yang sama/ seimbang.

    Persamaan:
    - Berada di Pulau Jawa
    - Suka berkelakar, Guyon, Bercanda, dan Melawak.
    - Punya sifat yang sama seperti suka ngerasani, dan curhat
    - Ada yang bermata belok dan ada yang bermata agak sipit.
    - Punya selera humor yang tinggi (taste of humor).


    Perbedaan:
    - Warna Kulit suku Jawa punya kecenderungan lebih Hitam/Sawo Matang, sedangkan suku Sunda lebih Putih.
    - Suku Jawa lebih Old/Mature Face, sedang Suku Sunda lebih Young/Cute Face.
    - Suku Jawa Punya Lebih Banyak Ilmu dibanding Suku Sunda.
    - Ada kecenderungan suku Jawa Lebih ulet / Bekerja Keras, sedang Suku Sunda agak Pemalas / Santai.
    - Wanita suku Sunda suka minta duit atau suka minta ditraktir secara lisan, sedang wanita suku Jawa agak sungkan mengutarakan kebutuhannya terhadap uang dan harta walaupun ada sebagian yang mirip sifatnya seperti wanita suku Sunda.
    - Ada Kecenderungan Pinggang wanita Jawa lebih lurus sedang wanita Sunda lebih berlekuk (curvy).
    - Suku Jawa lebih agak dermawan (lebih gak pelit) dibanding suku Sunda.
    - Suku Jawa lebih Dewasa sedangkan suku Sunda lebih Manja.
    tapi tidak semua orang sunda seperti yang diatas saya katakan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya saya koreksi...
      Yang bener yg kakak itu sunda dan yang adik itu jawa.. Di karenakan silsilahnya lebih tua suku sunda dari pada suku jawa...
      Untuk lebih banyak ilmu atau tidak kita tidak bisa mana yang lebih tinggi ilmunya..
      Dikarenakan di jawa barat juga banyak universitas2 favorit di indonesia..
      Untuk masalah matre atau tidak semua suku juga pasti ada yang seperti itu, malah kalo kalian tau tentang suku asli sunda yang belm tercampur dengan kota meteka lebih pemalu dan lebih gemulai ramah kepada para pendatang.

      Hapus
    2. kalo lebih tua tua mengapa namanya pulau jawa bukan pulau sunda

      Hapus
  12. Kalau masalah menikah, itu bebas antara sunda jawa, yang penting itu kedewasaannya, aku suka blog ini

    BalasHapus
  13. Kata siapa sih orang jawa itu rajin..di dunia itu ada yg malas dan rajin..orang jawa kalo di pulau jawa itu malas2..krna bnyak nya pengangguran dsna..tpi orang sunda rajin di kota sendiri krna mereka tsk perlu keluar daerah, sudah lengkap dsna jakarta dekat..nah orang jawa kalo di perntauan baru rajin..ga usah orang jawa..semua orang kalo merantau pasti rajin..kalo ga rajin mati kelaparan ..orang jawa klo merantau ..suka ngehancurin harga borongan..karna harga dari jawa itu suka murah2..maka nya perusahaan besar suka ngambil pekerja dari jawa dan sunda karna harga murah..sudah smpe mana sih lo jalan2 nyanya deny windy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q setuju ama dede aperiyatna.. gak semua org jawa itu malas n gak semua org sunda itu rajin.. masing2 org punya watak yg berbeda2.. klo org jawa malas.. knp org jawa kebanyakan yg jd pengusaha drpd sunda? Mau jawa, mau sunda, mau batak, mau cina, mau padang n sebagainya.. kalo malas ya malas, bakal jd pengangguran. Kalo rajin ya rajin, kebanyakan jd pengusaha..

      Hapus
  14. saya orang sunda sk merantau ke sidoarjo malang bali lombok sumbawa&papua& skrg di luar negri dah 7 thn jd pitnah klo orang sunda g sk merantau.orang jawa jg cantik" pengalaman 1 thn tinggal di malang busyet cantik cantik cewe nya tp sy sbg orng sunda sk jual mahal sm cewe jawa mungkin karna saya ingat mitos leluhur saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ubeng jual mahal sama cwek jawa apa jarang ada yg suka kamu?? Hhhhhaaaa
      Justru q cwek jawa asli kebanyakan yg suka q itu org sunda.. malah byk yg bilang q org sunda, gara2 nama q IIS n kulit q putih.. makanya q maahh masih mikir2 kalo ama org sunda.. bukan mitos ya.. tapi pengalaman.. maap.. maap aja.. klo mnrt q org sunda itu pelit.. makanya org sunda yg suka q.. pada q tolak.. ttoohh.. ngapain pelit.. duit juga gak bisa di bawa mati.. yg dibawa mati itu pahala dan amal kita.. itu pengalaman q ya..

      Hapus
  15. jujur saja ya klo blh sy ngomong emang suku jawa sk merantau&betah di perantauan tp klo kerja lemot nya minta ampun ini pengalaman kerja saya dr 8 pabrik brsama suku jawa.meskipun suku sunda lembut tp kerja nya rajin cepat .lagian buruh kasar sprti bangunan tu bd upah nya biasa nya sunda lebih mahal&upah orang jawa murah.

    BalasHapus
  16. udah si gausah
    ribut. saya orang lampung liat kalian ribut. jangan bikin malu suku kalian sendiri dong

    BalasHapus
  17. Untung banjar ama dayak ama melayu aman2 aj

    BalasHapus
  18. Jawa dan sunda itu bagian dari INDONESIA, jgn membanggakan suku sendiri atau membanging-bandingkannya karena itu sama saja seperti NAZI atau Fasis..Lebih baik mulai pembahasan yg merujuk pada ide yg membangun Negeri ini dan menjaga persatuan bangsa..

    BalasHapus
  19. Nenek moyangku orang persia dan india. Mereka nikah dengan nenek moyangku yang jawa, banjar, dayak dan sasak. Culture and tampang cakep orang indo aselinya karena pencampuran dari suku2 foreign. Misal sipit2 kita di java borneo andalas dari cina, ntt dan maluku dari portugis, manado dari mongol, andalas jawa and southern celebes banyakan juga jawa india persian.

    Bagi jawa yang berkulit agak hitam, harap maklum itu gen dari etnis tamil di India ( kalo yg putih kaya sunda itu arya di india).

    Jadi jangan saling mencela karena kita pun adalah produk "oobok obokan" dari luar juga.

    BalasHapus
  20. Kita INDONESIA kawan kita satu. Kita kuat kita mandiri kita berkecukupan. Siapa yg bisa menghancurkan nya? Ity kalian sendiri.

    BalasHapus
  21. Kita INDONESIA kawan kita satu. Kita kuat kita mandiri kita berkecukupan. Siapa yg bisa menghancurkan nya? Ity kalian sendiri.

    BalasHapus
  22. Yah yang komen pada payah. Masa gara gara blog gini aja ampe diributin. Suku cuman identitas dimana lahir dan tinggal. Hakekatnya kita cuman manusia ciptaan Alloh...

    BalasHapus
  23. Sama sama nenek moyang nya .....dari monyét kok ribut. ...émang ngak ada pekerjaan apa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwkwk... kok dari monyet pak? Bukannya dari nabi adam?
      Hehe... sepertinya bpk percaya teori evolusi ya? Hehe..

      Hapus