Minggu, 06 Oktober 2013

Tugas sistem informasi psikologi 1 dan 2

Tugas 1 (sistem informasi psikologi)
Informasi adalah suatu data atau pesan yang telah diolah melalui berbagai media yang dimana tujuannya untuk disampaikan kepada penerima. Informasi manual adalah informasi yang disampaikan dari mulut kemulut atau disebut lisan (omongan). Informasi dapat terjadi pada beberapa orang yang sedang berdiskusi guna menyebarkan informasi yang mereka dapatkan dari forum lain. Informasi tertulis seperti prasasti, tulisan perjanjian atau dokumen yang bersifat tulisan informasi yang terjadi dimasa lampau lalu ditulis untuk sebuah peradaban manusia.

Pengertian informasi sehingga dapat berinteraksi dengan system
Menurut Purnomo (2009) teknologi berkembang sangat pesat, terutama teknologi computer dan komunikasi. Perkembangan komputer yang pesat telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia dalam meyelesaikan pekerjaannya, terutama bidang informasi dan komunikasi. Teknologi komputer merupakan salah satu cara termudah untuk mendapat informasi dan cara mudah berinteraksi dengan orang lain.
Pengertian system informasi dalam psikologis system adalah system yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berhubungan atau berkaitan dengan psikologi.
Contoh : Penggunaan komputer dalam pembuatan Software untuk bidang psikologi, diperusahaan banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien serta tidak membuang tenang para penyeleksi.

Tugas 2 (Arsistektur komputer dan structural kognitif manusia)
Arsistektur komputer adalah konsep perencanaan dans truktur pengoperasian dasar dari suatu system komputer. Arsitektur komputer dapat didefinisikan bahwa mengenai interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk menciptakan sebuah komputer untuk memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja dan target biaya.

Struktur kognisi manusia adalah proses  berfikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses dilakukan dengan memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami ,menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa.
Kognisi manusia adalah berhubungan antara satu sama lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi dan skema. Seperti bagi anotak yang mengakomodir unsur bagian tubuh yang menjadikan suatu system yang kompleks.

Kelebihan dan kekurangan dari stuktur kognisi :
Kelebihan
a.       Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
b.      Banyak memberimotivasi agar terjadi proses belajar
c.       Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal

Kekurangan
a.       Membutuhkanwaktu yang cukup lama
Terkadang sulit mengaplikasikan dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berfikir mereka.

Kelebihan dan kekurangan dari arsistektur komputer
Kelebihan
a.       Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
b.      Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
c.       Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan

Kekurangan
a.       Karena ukurannya yang besar maka diperlukan ruangan yang cukup besar untuk menyimpannya
b.      Harganya sangat mahal
c.       Interface dengan pengguna masih menggunakan teks

DaftarPustaka
Purnomo.Andi.(2009). Teknologi informasi dan komunikasi 3. Jakarta: Yudhistira



Tidak ada komentar:

Posting Komentar