Artificial
intelligence
Menurut
stepia (2009) kecerdasan buatan (artificial intelligence) definisi sebagai
kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Kecerdasan diciptakan
dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan
kecerdasan buatan, Antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf dan robotika.
Al
pertama kali disebarkan setelah general
electric menerapkan komputer pertama kali yang digunakan untuk bisnis. Pada
tahun 1956 istilah artificial
intelligence (kecerdasan buatan) pertama kali dibuat oleh John McCarthy. Menurut
McLeod dan Schell (dalam Yulianto & Fitriati, 2008) Kecerdasan buatan (artificial intelligence - Al) adalah
aktifitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan
perilaku yang akan dianggap sama cerdasnya dengan kemampuan yang ditampilkan
oleh manusia. Al merupakan komputer yang paling canggih karena aplikasinya
berusaha mencontoh cara pemikiran manusia. Pada tahun yang sama, program
komputer Al pertama yang disebut Logic
Theorist, diumumkan. Kemampuan yang Logic
theorist yang terbatas untuk berfikir (membuktikan teorema-teorema
kalkulus) mendorong para ilmuan untuk merancang program lain yang disebut general problem solver (GPS) yang
ditunjukkan untuk memecahkan segala masalah. Proyek ini ternyata membuat para
ilmuan yang pertama kali menyusun program ini kewalahan dan riset Al dikalahkan
oleh aplikasi-aplikasi komputer yang tidak terlalu ambisius seperti SIM dan
DSS. Namun seiring waktu, riset yang terus menerus akhirnya membuahkann hasil
dan Al telah menjadi wilayah aplikasi komputer yang solid.
Al dan Kognisi manusia
Menurut
solso (2007) model proses distribusi pararel seperti neuron, telah bekerja
keras untuk mencoba menemukan solusi atas pertanyaan tentang otak sebagai mesin
berfikir dan apakah komputer mampu meniru kemampuan otak serta kognisi manusia.
Otak sebagai mesin berfikir apa
yang kita pelajari tentang mesin berfikir kita yang disebut otak, adalah mesin
berbeda secara fundamental
dibandingkan dengan komputer von Neumann yang sekarang biasa digunakan. Al
lebih berperan jauh jika komputer lebih menyerupai otak. Program komputer
bekerja lebih efektif daripada pikiran manusia dan kebanyakan sangat pintar
menirukan hal-hal nyata meski masih sedikit janggal. Komputer mampu memecahkan
beberapa masalah, seperti sebuah soal matematika yang mendetil, lebih cepat dan
lebih akurat daripada manusia. Seperti menggeneralisasi dan mempelajari pola
aktifitas baru, dilakukan oleh manusia dan komputer masih kalah lebih baik.
|
Komputer berbasis silikon (Jenis von
Neumann)
|
Otak berbasis karbon (Manusia)
|
Kecepatan proses
|
Dalam nanodetik
|
Dalam milidetik sampai beberapa detik
|
Jenis
|
Rangkaian prosesor (kebanyakan)
|
Prosesor parallel (kebanyakan)
|
Kapasitas Penyimpanan
|
Sangat besar untuk informasi
Berkode digital
|
Sangat besar untuk informasi visual dan linguistic
|
Bahan-bahan
|
Silikon dan elektronik
|
Neuron
dan organic
|
Kerjasama
|
Sangat patuh
|
Cukup kooperatif
|
Kemampuan belajar
|
Sesuai aturan yang ditetapkan
|
Konseptual
|
Fitur unggulan
|
Mampu memproses data yang sangat
banyak dalam waktu yang singkat. Efisien dalam biaya, sudah teratur, mudah
dirawat dan bisa ditebak.
|
Mampu membuat penilaian, kesimpulan
dan penyamarataan dengan mudah pergerakannya memiliki Bahasa, percakapan,
vision dan emosi.
|
Fitur terburuk
|
Tidak mampu belajar sendiri dengan
cepat memiliki kesulitan dengan tugas kognitif manusia yang rumit seperti
pemahaman Bahasa dan produksi.
|
Memiliki kapasitas penyimpanan dan
pemrosesan informasi yang terbatas pelupa dan cukup mahal Dalam pemenuhan
permintaan makanan, minuman, tidur, suhu udara yang sesuai sebagai tambahan
atas segala kebutuhan bio psikologis.
|
Sistem pakar
Seorang
pakar adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman spesifik dalam
suatu bidang, misalnya pakar komputer. Sistem pakar (expert system) adalah
usaha untuk menirukan seorang pakar. Biasanya sistem pakar berupa perangkat
lunak pengambil keputusan yang mampu mencapai tingkat performa yang sebanding
seorang pakar dalam bidang problem yang khusus.
Manfaat
dan keterbatasan sistem pakar
a. Meningkatkan
output dan produktivitas, karena sistem pakar dapat bekerja lebih cepat dari
manusia
b. Meningkatkan
kualitas dengan memberi nasihat yang konsisten dan mengurangi kesalahan
c. Mampu
menangkap kepakaran yang sangat terbatas
d. Dapat
beroperasi dilingkungan yang berbahaya
e. Memudahkan
akses pengetahuan
f. Handal
g. Sistem
pakar tidak pernah menjadi bosan dan kelelahan atau sakit
h. Mampu
bekerja dengan informasi yang tidak lengkap atau tidak pasti berbeda dengan
sistem komputer konvensional, sistem pakar dapat bekerja dengan informasi yang
tidak lengkap.
i.
Mampu menyediakan pelatihan
j.
Meningkatkan kemampuan problem solving
karena mengambil sumber pengetahuan dari banyak pakar
k. Meniadakan
kebutuhan perangkat yang mahal
l.
Fleksibel
Ciri-ciri
sistem pakar, yang harus memenuhi ciri-ciri
a. Terbatas
pada dominan keahlian tertentu
b. Berdasarkan
kaidah/ rule tertentu
c. Dapat
digunakan dalam berbagai jenis komputer
d. Mudah
dimodifikasi yaitu dengan menambah atau menghapus suatu kemampuan dari basis
pengetahuan
e. Sistem
dapat mengaktifkan kaidah secara searah yang sesuai, dituntun oleh dialog
dengan pemakai
Eliza
menurut Thesis (2007) salah satu sistem pakar yang paling awal dikembangkan,
ini adalah program komputer yang terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum. Berkomunikasi
dengan sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang terapis. Program ini
mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.
Parry
adalah sistem pakar yang juga paling awal dikembangkan di Stanford university
oleh seorang psikiater, Kenneth Colby, yang mensimulasikan seorang paranoid. Menstimulasikan
seorang pasien dan menyebut program ini PARRY . Ia mensimulasikan seorang
pasien paranoid sebagai subjek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses
dan sistem paranoid memang ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya
cukup hebat dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk
mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan Antara respon stimulasi komputer
dan respon manusia.
Nettalk
program berdasarkan jaringan-jaringan neuron
yang dikembangkan oleh Terry Sejnowski jaringan neural yang berisi lapisan tersembunyi yang berkorespondensi dengan interneuron.
Persamaan dan perbedaan Antara sistem
pakar dengan kecerdasan buatan
Menurut
Tubagus (2012) Letak persamaannya adalah sama-sama untuk mencapai hasil yang
maksimal dalam memecahkan masalah dan perbedaannya adalah sistem pakar mengacu
pada si pembuat atau seseorang yang ahli dalam suatu bidangnya atau mengacu
pada si perancang sebagai objek dalam menyiapkan suatu sistem guna mendapatkan
hasil yang maksimal, sedangkan artificial
intelligence mengacu pada jalur atau langkah yang berorientasi pada hardware guna mencapai yang maksimal.
Peranan
Al untuk memecahkan masalah, sistem psikologi juga bergunakan untuk memecahkan
masalah. Sistem Al menggunakan robot yang bisa menerima dan memberi konsultasi kepada
pasien.
DAFTAR
PUSTAKA
Solso, L.R.,Maclin,H.O. & M.K.
(2007). Psikologi kognitif Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Yulianto, A.A, & Fitriati, A.R. (2008).
Sistem informasi manajemen. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Stephia (2009). Sejarah kecerdasan
buatan. Retrieved Agustus 09, 2009 from http://stepia.wordpress.com/2009/08/09/sejarah-kecerdasan-buatan/
Sunny.staff.gunadarma.ac.id/Download/files/20202/Diktat+Kecerdasan+buatan.pdf
Tubagus (2012). Pengertian sistem pakar
es dan kecerdasan buatan ai. Retrieved Desember 08, 2012 from http://tubagus.dosen.narotama.ac.id/2012/12/08/pengertian-sistem-pakar-es-dan-kecerdasan-buatan-ai/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar